Juni menjadi bulan yang sangat spesial untuk komunitas literasi Saung Karsa karena pada bulan inilah pertama kalinya nama Saung Karsa ditetapkan secara musyawarah oleh para pendiri dan warga, tepatnya pada tanggal 1 Juni 2023.


Berawal dari perkumpulan tanpa nama yang diinisiasi oleh Glen Tripollo lewat acara aktif berkarya 30 Hari Belajar Berpuisi (30HBB) di bulan September 2022. Acara tersebut menjaring sekitar 64 penyair dari berbagai latar belakang yang turut aktif di Opinia, sebuah media sosial buatan anak bangsa yang khusus disediakan sebagai tempat berbagi karya dan mengumpulkan koin yang dapat ditukarkan dengan uang tunai, pulsa, ataupun buku.


30HBB tersebut diikuti dengan antusias dan cukup berhasil hingga akhirnya berlanjut ke musim keduanya bertajuk Berpuasa Sambil Berpuisi karena diadakan tepat saat bulan Ramadan 1444 H/2023 dan musim ketiganya di bulan Mei 2023 yang bertajuk Meisastra. Setelah itu, banyak masukan yang datang agar kegiatan ini lebih terstruktur dan menghasilkan sesuatu, serta bisa merambah ke bidang sastra lainnya dan memperbanyak jumlah anggotanya (tidak terbatas pada pengguna Opinia saja), maka dibentuklah sebuah komunitas bernama Saung Karsa.


Penetapan resmi komunitas literasi Saung Karsa pada tanggal 1 Juni 2023 ditandai juga dengan diadakannya kegiatan 30HBB musim keempat bertajuk Garizah Anak Adam. Bedanya, kegiatan ini menghasilkan end product berupa buku antologi puisi berjudul sama berisikan 150 karya puisi terbaik dari 30 penyair terpilih di acara tersebut. Kemudian, kegiatan berlanjut kembali di bulan Agustus 2023 bertajuk Puisi Perjuangan yang saat itu kurang begitu diminati. Kegiatan 30HBB pun akhirnya sempat hiatus dan menggantinya sementara dengan kegiatan tantangan menulis cerpen mingguan di grup Facebook Saung Karsa yang diberi nama Pilar Tiga Kata. 


Rasa rindu akan kegiatan 30HBB mendorong pembaharuan dalam diri Saung Karsa sehingga sejak bulan Januari 2024, kegiatan 30HBB berganti nama menjadi Parade Puisi Saung Karsa (PUSAKA) dan membawa tema besar Awal yang Baru yang mana buku antologinya yang berjudul sama direncanakan untuk diluncurkan pada bulan Juni 2024 dan juga PUSAKA Februari yang bertajuk Merah (di Atas) Putih yang lebih mengedepankan unsur puisi sarkastik dan satirikal terhadap keadaan negeri di tengah pesta demokrasi 14 Februari 2024.


PUSAKA Spesial 1 Tahun Saung Karsa: Melangkah dari Kegelapan

Kini PUSAKA kembali hadir dengan edisi spesial memperingati satu tahun komunitas literasi Saung Karsa dan membawa tajuk utama Melangkah dari Kegelapan. Sebuah tema yang diharapkan dapat menjadi pemantik semangat berkarya seluruh warga Saung Karsa yang sebelumnya sempat absen dari rutinitas berpuisi dan juga mengundang sebanyak-banyaknya calon warga baru Saung Karsa yang ingin ikut dan menenggelamkan diri dalam keseruan komunitas.


Pusat kegiatan ini berlangsung di grup WhatsApp resmi Saung Karsa. Adapun pengiriman karya puisi sesuai tema harian selama 30 hari ke depan dapat dilakukan melalui dua media sosial, yakni Opinia dan grup Facebook Saung Karsa. Jadi, jangan khawatir jika kamu sudah tidak aktif lagi di Opinia ataupun tidak memiliki akun Opinia karena kamu tetap bisa mengikuti kegiatan ini dengan memanfaatkan media sosial Facebook. Selanjutnya, link menuju karya harian tersebut disetorkan ke dalam daftar link yang diinisiasi oleh para admin dan moderator Saung Karsa di dalam grup WhatsApp. Melalui daftar link tersebut, seluruh peserta diwajibkan untuk saling berkunjung untuk mengapresiasi karya sesama peserta kegiatan.


Nah, bagi yang mau ikut silakan baca syarat dan ketentuannya di sini. Informasi detail beserta daftar tema harian dapat kamu temukan pada flyer yang telah kami unggah di akun Instagram Saung Karsa tersebut.


Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan diri kamu sekarang juga dan ikuti keseruan kegiatannya. Untuk para warga Saung Karsa (yang ditandai dengan kepemilikan e-Kartu Tanda Warga) bisa langsung ikut tanpa harus mendaftar terlebih dahulu. Bagi yang belum menjadi warga, kamu bisa mendaftarkan diri kamu dengan cara mengisi Form Pendataan Warga dan tunggu tindak lanjut dari admin.


Sampai bertemu di tengah keseruan PUSAKA Spesial 1 Tahun Saung Karsa: Melangkah dari Kegelapan. Semangat terus berkarya dan salam literasi!

6 Komentar

Hai, warga Saung Karsa! Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini. Silakan tinggalkan komentar dalam bentuk apa pun sambil tetap menjaga etika sesuai norma umum yang berlaku.

  1. Kangen dikejar-kejar deadline 😁

    BalasHapus
  2. Mantap, semoga kali ini bisa ikutan full tanpa bolong bolong

    BalasHapus
  3. Selalu Keren Saung Karsa kegiatannya 😍 bikin semangat lagi ikut dunia Literasi, walau mesti muter-muter otak di ruang imajinasi demi sebuah puisi 🤭😁

    BalasHapus
  4. Emang selalu the best Saung Karsa setiap buat acara untuk warganya. Sukses selalu untuk Saung Karsa 😍😍😍🔥

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, warga Saung Karsa! Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini. Silakan tinggalkan komentar dalam bentuk apa pun sambil tetap menjaga etika sesuai norma umum yang berlaku.