Tiga Pilar Kata: Tiga Kata, Satu Cerita

Tiga Pilar Kata, Komunitas Saung Karsa

Satu bulan berlalu sejak Saung Karsa diresmikan. Bersamaan pula dengan berakhirnya kegiatan 30 Hari Belajar Berpuisi di sepanjang Juni 2023. Namun, sesuai dengan slogan kami: Bergerak menginspirasi, berkarya sepenuh hati, Saung Karsa tidak akan berhenti membuat gerakan aktif berliterasi di jagat maya ini.


Dengan memanfaatkan beberapa media sosial, seperti weblog, Facebook, dan Opinia, Saung Karsa mempersembahkan kegiatan baru yang diberi nama Tiga Pilar Kata, yaitu rutinitas menulis cerpen mingguan bersama Saung Karsa. Disebut rutinitas karena rencananya kegiatan ini akan selalu hadir secara rutin setiap minggu guna mendorong para warga Saung Karsa untuk selalu aktif menelurkan karya dan membangun kebiasaan positif.


———

FYI: Sedikit informasi bahwa Saung Karsa kini telah memiliki weblog resmi di alamat situs https://saungkarsa.com. Meskipun saat ini masih ada beberapa hal terkait tampilan dan konten yang harus diperbaharui, weblog tersebut telah resmi dibuka dan bisa diakses oleh siapa saja. Kami akan secara aktif memanfaatkannya di setiap kegiatan Saung Karsa. Jadi, nantikan konten-konten serunya, ya!

———


Tiga Pilar Kata. Sesuai namanya, rutinitas ini memiliki satu aturan yang tidak dapat ditawar, yakni penulis wajib menggunakan tiga kata yang dipilih secara acak oleh admin setiap minggunya. Ketiga kata acak tersebut sedapat mungkin dimanfaatkan sebagai pondasi dari penceritaan sebuah cerpen, minimal tidak menjadikan kata-kata tersebut sekadar menumpang lewat di dalam narasi cerita.


Apakah teman-teman tertarik untuk mencobanya? Yuk, simak syarat dan ketentuannya berikut ini. Harap dibaca dan diikuti setiap langkahnya dengan perlahan sambil bersenang-senang.


———

Syarat & Ketentuan Peserta


1. Pastikan kamu sudah memiliki akun Opinia. Jika belum, kamu bisa mengunduh aplikasinya di Google Playstore atau mendaftarkan akun langsung lewat versi browser di https://opinia.id. Kemudian follow akun Glen Tripollo agar tidak ketinggalan informasi.


2. Like dan follow laman resmi Saung Karsa di Facebook (https://web.facebook.com/saungkarsa) dan akun resmi Saung Karsa di Instagram (https://www.instagram.com/saungkarsa).


3. Jangan lupa bagikan informasi ini ke media sosial yang kamu miliki agar jangkauan penyebarannya makin luas sehingga diketahui oleh banyak orang. Ajak temanmu sebanyak-banyaknya.


4. Kunjungi weblog Saung Karsa (https://saungkarsa.com/p/pendaftaran-warga-baru.html) dan lengkapi formulir pendaftarannya.


5. Setelah admin melakukan verifikasi kelengkapan administrasi, kamu akan diundang masuk ke dalam Komunitas Saung Karsa dan mendapatkan status warga resmi.


———


Tidak ada batasan waktu untuk melengkapi syarat dan ketentuan peserta karena gerbang penerimaan peserta baru (kemudian disebut warga baru Saung Karsa) akan selalu terbuka lebar bagi siapa saja.


Jika sudah resmi menjadi warga baru Saung Karsa maka langkah selanjutnya adalah mempelajari aturan main Tiga Pilar Kata yang secara rutin dibagikan setiap minggu lengkap dengan tiga kata acak yang akan menjadi tantangannya.


Berikut ini adalah syarat dan ketentuan cerpen yang diikutsertakan rutinitas Tiga Pilar Kata.


———

Syarat & Ketentuan Umum Cerpen


1. Mengandung tiga kata yang dijadikan tantangan di minggu berjalan yang dimanfaatkan semaksimal mungkin, bukan sekadar kata menumpang lewat.


2. Genre cerpen bebas, tapi dilarang keras mengandung unsur-unsur yang kelewat sensitif, seperti SARA tanpa tujuan jelas dan pornografi secara mutlak.


3. Panjang cerpen antara 3.400–8.800 karakter termasuk spasi atau dalam rentang aman 800–1.200 kata.


4. Upayakan ditulis dengan teknis penulisan yang baik dan benar sesuai EYD.


5. Sebagaimana sebuah karya yang disebut sebagai cerpen, pastikan ceritanya benar-benar tamat.

———


Kira-kira itulah syarat dan ketentuan umum cerpen. Perihal teknis pengirimannya akan diinformasikan kemudian oleh admin di Facebook secara rutin setiap minggunya.


Oh, ya, kegiatan ini dibuat sebagai upaya melatih diri untuk disiplin dan mengembangkan diri dengan cara aktif berkarya sesuai tenggat waktu yang ditentukan. Jadi, jangan mengharapkan hadiah berupa materi sebagai bentuk timbal baliknya ya.


Sebagai gantinya, rutinitas ini akan memberikan banyak sekali pelajaran terkait penulisan dan pengalaman yang tak ternilai. Tidak percaya? Kamu bisa tanyakan sendiri kepada para warga Saung Karsa loh.


Jadi, tunggu apa lagi? Jika kamu berminat untuk ikut serta ataupun sejalan dengan slogan Saung Karsa, daftarkan diri kamu sekarang juga. 

Bagikan:

0 komentar